Siapa yang Umat Ikuti, Yusuf Mansur dan TGB, atau UAS, UAH, dan Aa Gym?

Diposting pada 1.927 views

Ngelmu.co – Siapa yang tak kenal dengan Ustaz Yusuf Mansur (UYM), Tuan Guru Bajang (TGB), Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Adi Hidayat (UAH), dan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)? Kelima sosok ini, sudah menegaskan pilihannya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang. Setelah UYM dan TGB menyatakan dukungannya untuk capres-cawapres kubu petahana, akhirnya sejak kemarin, Kamis (11/4), hingga hari ini Sabtu (13/4) sebelum debat pamungkas digelar, UAS, UAH, dan Aa Gym menyampaikan langsung sokongan mereka, kepada pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandi.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah sosok manakah yang akan diikuti oleh umat? Yusuf Mansur dan TGB, atau UAS, UAH, dan Aa Gym? Berikut jawaban berupa pernyataan dari warganet yang Ngelmu pantau di akun media sosial masing-masing tokoh:

Pada unggahan terbaru UAS, tidak sedikit warganet yang menanggapi sikap politik UAS yang menyatakan dukungannya untuk Prabowo-Sandi.

joe_melow: Sebelumnya saya 01 tapi Detik ini saya Hijrah ke 02, Terimakasih ustadz @ustadzabdulsomad .. Allahuakbar
anass.arf: Saya pendukung jokowi 01 , tapi detik ini bismillahirrohmanirrohim setelah tuan guru @ustadzabdulsomad menegaskan saya hijrah memilih prabowo-sandi 02, semoga menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024, aminn yarabbal alamin
hasm_purn: Mulai yakin setelah nonton breaking news tvone, eksklusif @ustadzabdulsomad . Setelah sempat ragu dan sempat berpikir mau milih 01. Dan sekarang katakan TIDAK untuk 01. YAKIN COBLOS 02. ALLAHUAKBAR. MERDEKA.
y.yudistira: Sebelumnya saya 01 setelah melihat ini dan YouTube UAS saya 02
yrisma9: Assalamualaikum pa ustad. Barusan saya lihat di YouTube. Mengenai pa ustad Abdul Somad berdialog dgn pa Prabowo. Saya jadi berubah pikiran. Insyaallah saya milih no 2. Di detik detik terakhir.
farazmorghulis: Ustadz saya InshaAllah pilih 02, setelah liat video UAS…
zandradw: Sebelumnya saya 01, tapi detik ini saya hijrah ke 02. Terimakasih ustadz @ustadzabdulsomad .. Bismillahirohmanirohim
fanny_a_2: dulu saya 2014 pendukung jokowi.. sekarang saya mendukung prabowo
andrataha: Saya awalnya pilih jokowi, tapi karena uas sudah dukung prabowo saya pindah pilih prabowo saja
bayupradana_123: Sy tadinya blum menentukan pilihan tp ktika liat tv one ad guru saya ustad somad sm prabowo sy nanti mlih 02 deh..krena sy ngerti arah guru saya kemana..dr gestur udh kliatan ke 02..
melati_diana: Gara2 ustad saya yg awalnya mau golput, tak jadi
pattandi_abdi: Masya Allah , Sy mantan jokower . Skarang Alhamdulillah terbuka mata dan hati untuk pilih 02

Begitupun dengan yang terjadi di akun media sosial UAH, saat ia mengunggah potret kebersamaannya dengan Prabowo-Sandi, warganet memberikan berbagai tanggapan positif.

fahrezabntng: Pilihlah pemimpin yg mneteskan air mata di hadapan ulama,bukan yg menembakkan gas air mata di hadapan ulama
ratnagalih: MashaAllah… semoga pilihan yang terbaik untuk kota semua… terimakasih bimbingannya ustad
virgoun_: Alhamdulillah, Allahu Akbar
amirakhanza: Masya Allah netes air mata ini, dua ustadz yg jadi panutan uda terang2 mendukung n mendoakan pak prabowo n pak sandi, semoga diberikan jalan kemenangan ya Allah, indonesia dipimpin oleh pemimpin yg adil
safranachmad: Nyerah dari golput saya kalau udah gini
al.asyarii: kalo udah gini, insyaallah saya ga golput lagi
dihantata: Awal pilihan 01, setelah UAH menyatakan pilihan melainkan bukan kode” lagi di ceramahnya, in sha allah no 02 sekarang.
ade_tardi: Sekarang baru saya ga akan golput… Ikut UAH dan UAS
obinrobin: Allah bersama Prabowo Sandii.. bismillah semoga Allah ijabah. Dan menghadirkan Amanah untuk Bapak @prabowo @sandiuno beserta Jajarannya dari SABANG – MERAUKE.. kawal para pemimpin dengan niat Ibadah. Mengingatkan, bukan menjatuhkan
khairiel_asror: Tadi nya gw golput, let’s go to glory
albayhaqiii: Tadinya mau golput, dan aplikasi instagram udah di apus. Biar ga riweuh banyak berita berita yang bikin kepala pusing, dengan izin Allah, knp 2 hari kmrn tiba2 pengen instal lagi ini instgram, dan masya allah langsung ketemu sama berita 2 guru besar kita membuka suara nya untuk pilpres ini, allahu akbar! #autonyoblos dahhhhhhhhh.. #antigolputgolputclub
qtink_fals: Ulama besar sudah turun gunung semua, mulai dari yg terkenal sampai yg tidak di kenal netizen,, insya allah ikut di barisan ulama, karena di akhirat kita ingin dikumpulkan bareng ulama bukan bareng slank
anggaestilo: Manut guru, sami’na wa atho’na guru, semoga pilihan guru juga pilihan Allah , amin ya rabb
drranispp: Allahu akbar, merinding saya menyaksikan @ustadzadihidayat mendoakan bpk @prabowo, ini adalah ikhtiar maksimal umat, semoga Allah menjadikan negeri ini adil, makmur, sejahtera dibawah umara amanah & ulama tawadhu & wara yang mencintai rakyatnya karena Allah

Setelah UAS dan UAH, Sebelum debat pamungkas Pilpres 2019 digelar, Sabtu (13/4) malam ini, Aa Gym juga menyuarakan dukungannya untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 02. Sikap Aa ini, langsung mendapat ‘serangan’ dari warganet.

anggian.novendra: Alhamdulillah ulama” yang kita banggakan selama ini,dukung prabowo.
nurmiati407: Bismillah aku pilih yg pak aagim pilih semoga di ridoi oleh Allah aamiin ya Allah aamiin
frankie_frabowo: Semakin mantap dgn pilihan kami ustadz @aagym
nengveyz23: Qt satu barisan, mantul aa.. manut ulama @aagym
aa_syamz: Yang Sabar & Kuat yaa Aa pasti bakalan banyak yang menyerang Pribadi Aa, atas tausiah aa dan dukungan Aa ke 02. Biarin mereka mengolok-ngolok,menyerang pribadi aa, biar bagaimanapun Orang Baik Pilih 02
hafid_sid: Kita satu hati @aagym pilihan nya
rina_.12: Aku ikut Aa

Sementara sikap UYM yang sudah sejak lama terlihat merapatkan barisan ke kubu petahana, justru mendapatkan tanggapan berbeda.

dedegunawan6699: Berat tads kalau sampai salah milih tanggung jawab nya di akhirat.
palupi_sunarhati: smoga jkwi ikhlas menerima kekalahan. Aamiin..
yudhi.ox: Maaf tuan guru saya berbeda..tapi tetep ust adalah guru saya
ahmadrikay: Alhamdulilah kita beda…. Tadz
muhrifki27: Punten tadz, kita beda
muhammadluqmand: Maaf tadz. Kita beda
haridwiputro10: Jgn smp salah langkah stadz
mfachrigozali: Semoga pak kyiai dapat menerima kekalahan
aguspahlawan.ap: Dulu salut sekarang sulit

Apa yang disampaikan oleh warganet di kolom komentar media sosial TGB, setiap kali ia mengunggah kebersamaannya dengan Jokowi-Ma’ruf, juga tak jauh berbeda dengan apa yang mereka ungkapkan kepada UYM.

fadhi_maireza: Pemimpin itu yang tidak memberikan janji palsu.
nasrsofyan_: Iya tuan guru jokowi bagus menurut tuan guru tapi saya nomor 2 ya.
tanzil_zil: Tadinya Saya bingung mau pilih siapa, tetapi saya yakin pilihan ini g’ salah, intruksi imam besar Habib rizieq shihab,dari hasil ijtima’ ulama. G’ mungkin beliau terang2an mengintruksikan klo g’ ad sabab musababnya, insya ALLAH 2019 prabowo sandi menang. ALLAHUAKBAR
muhammad_hasbian_noor: Ketika memilih pemimpin , lihat lah siapa yang ada di belakang nya . Kalau di belakang nya ada banteng banteng nya saya takut lah
yudiariyanto89: Tetep 02 saya
fayyzuko: @tuangurubajang Tetap idola Saya, tapi saya tetap pilih 02
naviel_yunus: Jelas2 hukum tebang pilih kok bilang jokowi menperlakukan rakyat setara. Kyai hidup cuma sementara dan jabatan cuma sementara. Buku mata mu selebar mungkin hukum jelas2 tidak setara. Terlalu banyak kasusnya
mang.parkir: hormat saya pada ustadz tak pernah berubah, tetap kami pandang sbg guru, tapi urusan politik saya pilih 02.
m.demmyario: Iyain aja deh apa kata tuan guru, tapi ga usah di ikuti pilihannya
opeck789: Mantap pak ustad tapi saya beda plihan pak ustad.. 02 insya Allah..
aqshaprahitna: Mantaph pak. Makin siap ganti presiden
dr.imashu: Bismillah tdk akan rubah saya komit pada pilihan saya no 2 prabiwo sandi silahkan aja anda pilih jokowi lagi hehe saya pilih yg di dukung ulama yg komit tdk berkasus
sujatmiko.fn: Jika tidak mampu membantu Agamamu setidaknya jangan kau berdiri di barisan perusak Agamamu, sesungguhnya tidak akan pernah sama antara pecundang dengan pejuang

Jadi, sosok mana yang akan umat ikuti? Silakan nilai sendiri.