Hapus Postingan Hoax Lo

Stafsus Presiden Unggah Cara Deteksi Corona, Warganet: Hapus Postingan Hoax Lo

Diposting pada 2.073 views

Ngelmu.co – Unggahan Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia, di akun Instagram pribadinya, @angkie.yudistia, mendapat kritik tajam dari warganet, salah satunya @mazzini_gsp. Pasalnya, ia sempat mengunggah cara mendeteksi virus Corona, hanya dalam 10 detik, dengan cara menarik napas.

“Di masa inkubasi, virus mungkin belum terdeteksi (ketika check-up). Tunggu sudah bersin-bersin atau batuk. Cek diri yang paling mudah seperti yang di Taiwan. Bangun pagi, tarik napas yang dalam, lalu tahan 10 detik. Kalau batuk, kemungkinan besar segera ada tindakan,” demikian keterangan yang Angkie bagikan, bersumber Sukardi Rinakit.

Merasa apa yang dibagikan Angkie keliru, Mazzini tak segan menegur, agar unggahan tersebut dihapus.

“Mbak @AngkieYudistia Staf Khusus Presiden, tolong hapus postingan hoax lo di instagram soal deteksi Corona cuma 10 detik dengan cara tarik napas. Gak ada dasar penelitiannya ini,” cuitnya, Ahad (15/3).

“Lo digaji puluhan juta sebulan, pake duit rakyat, termasuk duit gue ada di situ! Jangan sebar hoax,” sambubgnya.

Mazzini pun meminta Angkie, untuk membaca empat artikel penjelasan, jika ‘tips’ yang dibagikan olehnya itu benar-benar keliru.

“Mbak @AngkieYudistia baca ini 4 artikel di bawah! Deteksi virus Corona tuh 12 jam setelah sample diteliti,” tegas Mazzini.

Sadar unggahan soal ‘tips’ tadi memicu keributan, Angkie pun menghapusnya.

“Uwow! Banyak banget yang berkata kasar. Postingan aku sebelumnya hapus ya, dan untuk kebutuhan internal saja,” tulis Angkie.

“Padahal dari siapa-nya pun udah saya cantumkan. Postingan tersebut pun tidak menimbulkan kerugian,” imbuhnya.

“Dan dengan dicoba dan apakah kita perlu tindakan atau tidak. Semakin panik dan pada caci maki. Namaste. Sekali lagi always self hygiene. This too shall pass. Insya Allah,” lanjut Angkie.

Mengetahui Angkie telah menghapus unggahannya, Mazzini menyampaikan terima kasih, dan meminta Stafsus itu tak keberatan jika mendapat teguran.

“Terima kasih mbak @AngkieYudistia sudah direspons dan dihapus. Jangan ngambek dan baperan kalau ditegor. Emang kenyataannya salah info itu,” tuturnya.

“Mbak @AngkieYudistia sudah ganti caption, sudah minta maaf dan mengakui dia salah info. Udah ya gaes jangan dimarahin jangan dicaci maki lagi,” tutup Mazzini.

Baca Juga: Cuitkan ‘Kubu Sebelah Megap-Megap’, Billy Stafsus Jokowi Minta Maaf

Angkie memang terlihat mengubah caption pada unggahannya. Jika sebelumnya tak ada permintaan maaf, kini ia telah mengakui kesalahan.

“Kalo masih ada yang marah, maaf ya dan next akan saya crosscheck lagi sebelum posting. Baikaan laaah kitaaa,” kata Angkie.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Mazzini secara langsung, karena telah di-ingatkan.

“Makasih banyak yah masukannya. Permintaan maaf mendalam untuk seluruh pihak yang dirugikan atas postingan yang sempat terunggah,” ujarnya.

“Tetap jaga kesehatan, semoga kita terhindar dari segala potensi virus dan penyakit. Nuhun,” pungkas Angkie.