dr Andani Sumbar

Seorang Dokter Sumbar Bangun Lab COVID-19 Demi Warga Bisa Tes Swab Gratis

Diposting pada 138 views

Ngelmu.co – Salam hormat serta doa, mengalir dari masyarakat luas, untuk Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Sumatra Barat (Sumbar), dr Andani Eka Putra.

Pasalnya, pria 48 tahun kelahiran Tarusan, Pesisir Selatan, Sumbar, itu rela menggunakan dana pribadi, untuk membangun laboratorium.

Tujuannya, tak lain agar bisa memberikan layanan tes swab gratis kepada masyarakat. Kemandirian bangsa yang ingin ia wujudkan.

“Jadi saya selalu bercita-cita, bahwa bangsa ini, umat ini, akan maju, akan berhasil, kalau berdiri di atas kakinya sendiri.”

Pernyataan itu Andani sampaikan, dalam sebuah diskusi virtual, seperti dilansir Antara, Selasa (15/9).

Bukan receh. Ia, mengeluarkan dana hingga Rp850 juta, untuk membangun laboratorium uji spesimen COVID-19.

“Jadi saya membangun lab itu, saya menginvestasikan dana untuk membeli alat-alat dan sebagainya,” jelas Andani.

“Semata-mata, memang tujuannya adalah bagaimana suatu saat, sebelum saya mati, saya bisa menghasilkan sesuatu untuk bangsa ini, yang bisa dipakai oleh masyarakat kita sekarang ini,” sambungnya.

“Itu yang saya harapkan,” lanjutnya lagi.

Atas kerja nyatanya, tak sedikit publik yang mengaku terharu, hingga melayangkan doa dan salam hormat untuk Andani.

Salah satunya sutradara film Tanah Air, Hanung Bramantyo.

Begitupun dengan warganet lainnya.

“Ini harusnya tamparan sih bagi mereka yang di atas. Para pejabat, menteri, dan anggota dewan, kalo kompak semua secara ikhlas meng-infaq-kan gajinya sebulan aja buat rakyat, ‘kan keren, lagian gajinya juga dari rakyat ‘kan?” kata @Pilzky.

“Daerah ini kemaren di-doakan semoga jadi daerah yang mendukung Pancasila, yang mendoakan entah apa perannya untuk negeri ini,” saut @SweetCorn1883.

“Angka yang gak ada apa-apanya dibanding bayaran untuk influencer dan buzzer selama ini, tapi usahanya nyata. Bahkan sampel dari provinsi lain di-cek di lab yang ia bangun,” ujar @afifapa.

“Sehat-sehat ya, Pak. Rispek. Mana yang katanya pengusaha yang kalo mau Pemilu ngeluarin duit gila-gilaan, giliran lagi kaya gini rugi dikit aja koar-koar,” tutur @Pasifis_Kampus.

“Harusnya menteri Terawan, merasa malu…wkwk,” kritik @nov_1120.

“Doa saya untuk Anda, Dok, dan semua staf di sana,” cuit @incassable__.

“Hormat banget, Pak, pahlawan yang sebenarnya,” puji @nicoadich.

“Sehat-sehat terus, Bapak. Kami bangga banget,” kata @denisatuduatiga.

“Kau tanya apa yang bisa kau beri pada negara? Abdian tertinggi untuk negaranya, materil tenaga semua-semuanya, pengen kucekek orang-orang yang bilang dokter ambil untung dari Corona ini,” saut @defi_sp.

“Halo orang terkaya se-Indonesia, ga mau bikin beginian aja? Daripada nyuratin Jokowi,” sindir @iAmAchmad.

“Ya Allah, semoga dibalas kebaikannya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” doa @monadamp.

Baca Juga: Patriot Militan di Tengah Pandemi

Perlu diketahui, dr Andani, merupakan salah satu orang yang menemukan metode pool test.

Lalu, bersama timnya–didukung Pemprov Sumbar–ia memberikan layanan tes swab gratis untuk masyarakat.

Kepada tim yang ia bentuk, Andani berpesan, bahwa semangat membantu masyarakat harus di-dasari pada semangat kekeluargaan.

“Saya selalu menyampaikan ke tim saya, selalu bayangkan kalau yang menunggu hasil tes COVID-19 itu adalah keluarga kita,” ujarnya.

“Mereka ingin hasilnya cepat keluar, anggap mereka keluarga kita,” lanjut Andani.

“Maka kita harus bekerja keras, siang dan malam, agar hasil tes segera keluar, itu prinsip kerja tim ini,” pungkasnya.